SAUDARA-SAUDARA KU, setiap orang digerakkan oleh dua hal yakni ekonomi (harta) dan rasa aman. Namun ada orang yang digerakkan bukan oleh dua hal di atas. Siapa mereka? Merekalah orang-orang ikhlas yang digerakkan oleh keyakinan akan perjumpaan dengan Allah SWT suatu hari kelak. caranya? ESQ 165 The Way of Live. Join Us!

06 Mei 2009

Antasari Sebuah Cermin

. 06 Mei 2009

Antasari Azhar mantan Ketua KPK menurut saya orang yang berjuang jadi orang baik. Dia nyaris berhasil. Reputasinya terbangun. Langkahnya mantap dan disegani. Namun sebuah tragedi menimpanya. Kalau orang yang sehebat AA saja lumer dengan godaan apalagi seperti saya yang tak mantap ini. AA jadi cermin buat kita, bahwa kesalahan yang sama bisa menimpa siapa saja sekaliber apapun orangnya termasuk kita. Apa antisipasinya?


Kita punya nafsu. Bila tak terkendali akan jadi kendaraan syetan. Bagaimana agar ia terkendali? Kata Rosul dalam Alquran dijelaskan bahwa hanya nafsu yang dirahmati Allah Swt saja yang akan selamat dari keburukan tabiat kita dan godaan syetan. Bagaimana mencapai nafsu seperti itu? kuncinya mendekati DIA yang bisa memberi rahmat yakni ALLAH SWT. Caranya dengan sholat, zikir, puasa, sedekah yang kesemuanya berlandaskan ikhlas. Ah bicara memang mundah. Mengamalkannya yang harus gigih. Sebab kita manusia ini hakikatnya lemah. Tanpa mendekat kepada yang maha perkasa Allah Swt kita mudah dikalahkan apa saja. Dikalahkan hawa nafsu, dikalahkan keinginan, dikalahkan oleh kebusukan hati dan sebagainya. Ya Allah bimbinglah hamba agar menggapai nafsumutmainnah (nafsu yang dirahmati). Amien. Tanpa rahmat Allah nafsu kita akan liar dan menghancurkan kita cepat atau lambat.

Sebuah renungan di ujung malam.

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com