SAUDARA-SAUDARA KU, setiap orang digerakkan oleh dua hal yakni ekonomi (harta) dan rasa aman. Namun ada orang yang digerakkan bukan oleh dua hal di atas. Siapa mereka? Merekalah orang-orang ikhlas yang digerakkan oleh keyakinan akan perjumpaan dengan Allah SWT suatu hari kelak. caranya? ESQ 165 The Way of Live. Join Us!

29 November 2008

Pejabatku Oh...

. 29 November 2008

Ketika pejabat Riau satu per satu di tahan KPK seorang teman bertanya apa perasaan ku. Aku berkata biasa saja. Aku tidak merasa itu hal baru karena selama ini tak di pusat maupun daerah korupsi seperti sebuah lagu koor yang menjadi trend. Lalu sobat itu bertanya lagi. "Lalu apa fungsi kalian di koran tak mampu menjaga kebenaran? Buktinya siapapun jadi pejabat di negeri mu selalu dipuja-puji koran. Ternyata kemudian kebenaran terkuak bahwa mereka tidak seperti yang kalian puja pujikan itu," serangnya bertubi-tubi. Aku terdiam.
Ia melanjutkan. "Satu dari sembilan golongan yang dilaknat Allah Swt di hari kiamat adalah mereka yang menyembunyikan kebenaran karena keuntungan materi," ujarnya. Tegasnya, koran yang selalu membenarkan yang kuat dan bukan menguatkan yang benar adalah terlaknat di hari kiamat. Aku terdiam lagi. Engkau benar kawan, kataku dalam hati. Hanya saja persoalan kami kompleks sekali.


Tidak seperti yang engaku bayangkan. Engkau tak melihat bahwa masih banyak jurnalis yang punya hati nurani namun terkadang tak berdaya menghadapi pengambil kebijakan di tempatnya bekerja. Ia diperlakukan tak ubahnya buruh pabrik. Bahkan lebih buruk lagi. Buruh pabrik masih dapat libur di tanggal merah. Namun mereka tidak. Sobat, kataku kemudian. "Biarlah Allah dengan mizan (timbangannya) menilai kami kelak di hari kiamat," kataku. Kini ia yang terdiam. Lalu ia bertanya lagi. Apa sikap mu menghadapi zaman edan ini? Aku menjawab, "Rosulullah mengajarkan kita menghadapi suasana penuh fitnah di akhir zaman seperti saat ini: Jagalah dirimu dan keluarga mu dari api neraka." Tuhan tidak pernah tidur. Ia menyaksikan apa yang terlintas di hati kita. Kemudian semua itu diprint di hari perhitungan...Aku tahu jadi pejabat itu tidak mudah. Tetapi yang lebih tidak mudah adalah menjadi orang jujur. Pejabatku oh pejabatku. Engkau mengajarkan satu hal kepadaku bahwa kejujuran lebih mahal dari semua atribut palsumu itu....

Lewat tengah malam, 28/3/2008

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com