SAUDARA-SAUDARA KU, setiap orang digerakkan oleh dua hal yakni ekonomi (harta) dan rasa aman. Namun ada orang yang digerakkan bukan oleh dua hal di atas. Siapa mereka? Merekalah orang-orang ikhlas yang digerakkan oleh keyakinan akan perjumpaan dengan Allah SWT suatu hari kelak. caranya? ESQ 165 The Way of Live. Join Us!

29 November 2008

Waktu Tak Pernah Menunggu

. 29 November 2008

Ada seorang teman bertanya pada saya, mengapa engkau yakin ada alam lain (alam akhirat) setelah alam dunia ini. Ia kemudian meminta saya menjelaskan secara rasional tentang alam akhirat jika memang saya meyakininya ada. Saya lama tercenung. Sungguh. Pertanyaan itu datang begitu saja tanpa pernah saya fikirkan secara mendalam sebelumnya. Tiba-tibat terlintas kata di atas. "Waktu tak pernah menunggu mu untuk mengerti," kata saya pula bak seorang filsuf. "Mengerti atau tidak engkau tentang realitas alam akhirat engkau akan melaluinya." Ia belum puas dengan jawaban itu dan mendesak saya agar ia yakin bahwa sesungguhnya keyakinan saya tidak ada pijakan rasionalnya. Dengan kata lain hanya modal 'keyakinan' doang, tak lebih.

Lalu saya bertanya padanya. "Pernahkah engkau merencanakan hadir di dunia ini, menjadi wartawan, punya istri dan anak, dengan postur tubuh sekarang ini?." Lalu ia menjawab, "Tidak, aku hadir begitu saja," ujarnya. Lalu saya berkata, berarti ada 'sesuatu' yang menghendaki engkau hadir ke dunia ini. Tapi jelas bukan orang tua mu karena orang tua mu tidak berkuasa menetapkan kamu lahir jadi perempuan atau laki-laki kecuali menerima saja dari yang gaib soal ketetapan itu.



Lalu sang sobat bertanya. Lalu siapa itu? Maka saya jawab, DIA yang akan menghadirkan kita ke alam akhirat seperti dia menghadirkan kita ke alam dunia ini tanpa pernah kita minta. Amat mudah bagi NYA melakukan itu karena DIA menciptakan kita dari tidak ada menjadi ada. Apa susahnya menciptakan kita kali yang kedua yang sudah pernah ada di dunia ini untuk dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti. Ya kan? Sang sobat lalu terdiam. Kemudian balik bertanya, "Dari mana kau tahu semua itu," ujarnya. Lalu saya mejawab, dari Allah Swt dan Rasulnya Muhammad SAW lewat Alquran dan Sunnah. Dia terdiam lagi. Lalu berkata, kalau begitu akhirat itu logis ya? Saya berkata lagi, "Waktu tidak pernah menunggu mu untuk mengerti, karena waktu akan membawa kita ke akhirat apakah kita mengerti atau tidak." Makanya ayat pertama di Alquran adalah Iqra' (artinya: baca). Membaca awal dari kita keluar dari ketidakmengertian sebelum waktu kita habis. Waktu tak pernah menunggu...

Pekanbaru, 25 Februari 2008
dari seorang yang miskin ilmu, maafkan.


0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com